Cara Optimasi SEO Off Page Agar Bisa Masuk Page One Google

Cara Optimasi SEO Off Page
weidert.com

Cara optimasi SEO off page sendiri sangat diperlukan untuk menarik pengunjung website. Dengan melakukan optimasi tersebut, website bisa merangkak naik ke peringkat atas pada mesin pencarian. Selain optimasi on page, para pemilik website juga perlu melakukan optimasi off page.

Dalam bisnis website tentunya ada persaingan yang cukup besar. Melakukan optimasi pada website merupakan salah satu faktor untuk mendukung keoptimalan website. Cara untuk mengoptimasi SEO memanfaatkan faktor eksternal seperti inbound atau backlink.

Cara Optimasi SEO Off Page
weidert.com

Bagaimana Cara Optimasi SEO Off Page?

Sebelumnya, anda perlu mengetahui perbedaan antara optimasi on page dan off page. Untuk SEO on page sendiri biasanya dilakukan pada website atau blog itu sendiri. Sedangkan untuk off page tertuju pada hal yang lainnya.

Melakukan optimasi SEO off page memberikan manfaat yang sangat penting. Berikut ini beberapa cara optimasi SEO off page yang bisa anda lakukan dengan mudah.

1. Relevansi

Cara yang pertama memiliki keterkaitan dengan faktor relevansi. Untuk membangun backlink, maka anda perlu meningkatkan relevansi. Keterkaitan ini membuat konten website menjadi lebih optimal.

Apabila tidak relevan, maka akan membuat konten website kurang menarik. Bahkan nantinya akan mendapat banned. Hal ini justru berdampak pada ranking website pada mesin pencarian.

2. Gunakan Anchor Text

Cara optimasi SEO off page yang selanjutnya adalah menggunakan anchor text. Apa itu anchor text? Istilah ini memiliki arti sebuah teks yang berisi link yang nantinya bisa di klik oleh pengunjung.

Penggunaan anchor text memiliki pengaruh tersendiri pada ranking Google. Kualitas konten pada website juga berpengaruh dengan adanya anchor text. Karena perannya yang sangat penting, maka anda perlu melakukan optimasi dengan cara ini.

Namun cara optimasi ini tidak perlu berlebihan. Sebab, akan ada penalti dari Google jika konten memuat banyak inbound link dengan anchor yang sama. Sehingga optimasi berlebihan perlu anda kurangi.

3. Melakukan Link Building dengan Page Authority

Cara selanjutnya yang tidak boleh diabaikan adalah melakukan link building. Algoritma Google memiliki nama sebuah page rank. Algoritma ini berfungsi untuk menilai kualitas dan kuantitas dari setiap website.

Hal ini berhubungan dengan jumlah backlink sebuah website. Performa website sangat berpengaruh pada peringkat mesin pencarian. Link yang disematkan juga tidak boleh sembarangan karena mempengaruhi website.

4. Membangun Backlink Dengan Traffic

Cara optimasi SEO off page yang selanjutnya adalah membangun backlink dengan traffic. Cara yang satu ini juga sangat penting untuk dilakukan. Apabila traffic sumber link tinggi, maka semakin besar pula untuk mendapatkan traffic tersebut.

Hal ini juga dapat meningkatkan kemungkinan jumlah pengunjung ke website. Sehingga konten website dapat muncul dalam page one Google. Cara yang satu ini juga perlu anda lakukan agar website lebih optimal. Sebab, pencarian berdasarkan traffic dapat meningkatkan keakuratan.

5. Posting ke Forum atau Sosial Media

Cara lainnya untuk melakukan optimasi SEO kategori off page adalah posting forum. Link posting ke forum merupakan platform gratis yang dapat menarik perhatian pengunjung. Cara yang satu ini juga memiliki pengaruh tinggi.

Selain mudah, cara ini juga memberikan dampak yang besar. Hasilnya pun membuat konten website lebih menarik. Karena banyak pengunjung yang merasa penasaran dengan isi dari konten website anda.

Apabila website kurang optimasi, maka akan kalah dengan persaingan. Selain itu, SEO on page sendiri akan lebih lengkap jika off page juga mendapat optimasi. Beberapa cara optimasi SEO off page tersebut bisa anda jadikan sebagai tips.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *