Tips untuk Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Bermodal Kecil

Tips untuk Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Bermodal Kecil

16
0
BERBAGI

Keterbatasan lapangan pekerjaan membuat sebagian masyarakat memilih untuk berwirausaha agar mendapat penghasilan. Wirausaha memang menjadi jawaban dari semakin susahnya mendapatkan pekerjaan di Indonesia. Dengan berbisnis atau berwirausaha, kita tentu tak perlu menggantungkan diri kepada orang lain, karena kita bisa menghidupi diri sendiri bahkan orang lain.

Satu hal yang mungkin menjadi penghalang bagi orang yang ingin berwirausaha adalah keterbatasan modal. Sudah barang tentu, sebuah bisnis memerlukan modal yang tidak sedikit. Modal tersebut digunakan sebagai langkah awal dalam membangun bisnis kita. Namun tentu tak semua orang dianugerahi dengan rejeki yang melimpah, sehingga persoalan modal ini kerap menjadi momok yang menakutkan.

Sebenarnya banyak jalan yang bisa ditempuh untuk mengatasi persoalan keterbatasan modal ini. Hal yang perlu diingat adalah, tak semua bisnis atau usaha memerlukan modal yang besar. Dengan modal yang terhitung kecil kita sudah bisa mulai berbisnis atau berwirausaha. Meskipun dengan modal kecil, untung yang dihasilkan bisa sangat besar.

Banyak sekali jenis usaha atau bisnis bermodal kecil yang bisa kita coba. Salah satunya seperti reseller produk orang lain. Dengan menjadi reseller, kita bahkan  tidak diharuskan mempunyai modal. Dengan bermodal kecakapan dalam berpromosi dan mencari pembeli kita sudah bisa meraup banyak pundi-pundi Rupiah. Selain itu banyak usaha bermodal kecil lain seperti berjualan es buah, berjualan kue, hingga berjualan barang secara online.

Ketika mulai berbisnis atau berwirausaha, kita tentu ingin produk-produk yang kita jual bisa dibeli oleh masyarakat. Meskipun modal awal yang kita gunakan kecil, bukan berarti kita tidak bisa meraup keuntungan yang signifikan. Berikut ini tips meningkatkan penjualan pada bisnis dengan modal kecil.

1. Promosi Gencar

Promosi Gencar

Hal pertama yang mampu meningkatkan penjualan dari bisnis bermodal kecil adalah promosi. Promosi dilakukan terus menerus agar masyarakat bisa mengenal produk yang kita jual. Untuk iklan dan keperluan berpormosi kita bisa mengalokasikan dana untuk hal tersebut. Promosi bisa dilakukan dengan menyebar brosur, membuat banner, atau memanfaatkan internet. Memanfaatkan internet memang menjadi hal yang kerap dilakukan dalam hal berpromosi. Kemudahan yang ditawarkan internet membuat kita bisa menjangkau banyak orang sekaligus hanya dengan satu ‘klik’. Menggunakan internet juga bisa menekan biaya iklan kita. Dibandingkan dengan membuat brosur atau membuat banner, promosi lewat internet tentu jauh lebih murah.

2. Dengarkan Saran Pelanggan

Dengarkan Saran Pelanggan

Mendengarkan keluhan atau saran dari pelanggan sangat berguna untuk mengembangkan usaha kita. Pelanggan yang merupakan pemakai atau pengguna produk yang kita jual tentu bisa memberikan masukan berupa apa saja hal yang perlu ditambahi dan dikurangi pada produk yang kita jual. Dengan begitu, kita bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut untuk membuat produk kita semakin baik. Dengan begitu, penjualan produk yang kita jual bisa meningkat.

3. Jaga Mutu dan Kualitas barang

Agar pelanggan tidak kabur dan penjualan produk kita selalu terjaga atau bahkan meningkat, menjaga mutu dan kualitas barang menjadi hal utama. Kualitas produk atau barang yang terjamin membuat pembeli tentu terpuaskan. Jika sudah terpuaskan, mereka tentu tidak sungkan untuk kembali lagi membeli produk kita. Lebih jauh lagi, pembeli yang sudah menjadi pelanggan kita bisa saja merekomendasikan produk kita ke teman atau kolega mereka. Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan bagi perkembangan usaha kita.

4. Personalisasi Produk

Personalisasi Produk

Persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Dalam berbisnis kita tentu akan mempunyai saingan yang menjual produk atau barang yang sama. Oleh karena itu, dibutuhkan personalisasi produk yang gunanya untuk membedakan produk kita dengan para kompetitor. Personalisasi produk bisa dilakukan dengan pembuatan logo usaha atau memberikan ciri khusus kepada produk kita sebagai pembeda. Dengan personalisasi produk, produk atau barang yang kita jual akan mempunyai nilai lebih yang nantinya akan bermanfaat bagi kelangsungan usaha kita ke depan.

5. Manfaatkan Teknologi

4 Strategi Kunci untuk Meluncurkan Toko Online Anda

Hal wajib yang harus kita miliki dalam meningkatkan penjualan produk kita adalah memanfaatkan teknologi terkini. Sudah banyak pengusaha besar maupun kecil menggunakan teknologi sebagai salah satu layanan mereka. Misalnya, untuk menghubungi kontak kita tak melulu dengan nomor telepon. Masyarakat jaman sekarang lebih suka menggunakan chat messenger seperti BBM, WhatsApp atau Line untuk menghubungi penjual. Oleh karena itu, penguasaan alat-alat komunikasi terkini atau gadget juga musti dimiliki.

Memanfaatkan teknologi juga bisa berupa penggunaan sosial media. Sosial media seperti Facebook, Twitter atau Instagram menjadi media sosial yang kerap dipakai oleh para pengusaha untuk mempromosikan produk-produknya atau bahkan memasarkan produknya. Dengan media sosial, jangkauan kita akan menjadi lebih luas dan banyak calon pembeli yang bisa kita raih. Pemanfaatan media sosial secara maksimal bisa sangat berpengaruh dalam mendongkrak angka penjualan produk kita.

6. Terus Belajar

Jika usaha kita sudah menguntungkan dari segi finansial, jangan langsung berpuas diri. Hal yang harus selalu kita lakukan adalah terus belajar dan menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Jangan terpaku pada zona nyaman yang sudah kita raih. Belajar tidak hanya dari literatur, namun juga dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis, khususnya bisnis dengan modal kecil. Dengan terus belajar, kita bisa menyiapkan strategi untuk makin mengembangkan usaha kita ke depannya.

Demikian tadi beberapa tips untuk meningkatkan penjualan produk-produk dari usaha modal kecil kita. Dengan memahami situasi dan kondisi pasar, usaha kita tentu bisa terus berkembang. Selalu berpikir positif agar kita senantiasa diberi kemudahan dalam menjalankan bisnis kita. Jangan takut untuk terus berinovasi dan mengeluarkan sesuatu yang baru untuk produk-produk yang kita jual. Dengan begitu, untung yang kita dapat bisa semakin besar, meskipun modal awal terbilang kecil.

TIDAK ADA KOMENTAR