Tips Sederhana Mengubah Pengunjung Menjadi Pembeli

Tips Sederhana Mengubah Pengunjung Menjadi Pembeli

138
0
BERBAGI

Di era digital seperti sekarang ini, penggunaan internet dalam dunia bisnis bukanlah sesuatu yang tabu dan aneh. Dengan kehidupan yang sudah semakin maju, hampir segala aspek kehidupan kita dipengaruhi oleh internet. Istilahnya “serba online’, mulai dari bisnis, belanja, sekolah, mencari teman, membaca berita, silahturahmi, bermain game dan masih banyak lagi yang lainnya.

Komunikasi jadi lancar, hubungan jadi lebih mudah, jual beli menjadi praktis, tak heran jika banyak orang yang menggantungkan hidupnya pada internet. Semua kegiatan masyarakat saat ini memang tak bisa lepas dari yang namanya internet ini. Salah satu isu hangat yang menjadi isu dan fenomena di internet adalah bisnis online.

Bisnis online yang merupakan konsep baru di dunia bisnis bisa dibilang cukup fenomenal. Banyak sekali orang yang berbondong-bondong terjun ke bisnis ini. Bisnis online memang sangat luar biasa dan punya daya tarik yang begitu memikat. Kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan membuat konsep bisnis ini menjadi sebuah tren tersendiri di kalangan masyarakat.

Sat bentuk dari bisnis online yang cukup populer adalah toko online atau online shop. Online shop secara sederhana bisa disebut sebagai bentuk tiruan dari toko yang biasa kita temui di dunia nyata. Bedanya, wujud dari online shop adalah digital, bukan toko fisik. Sehingga semua kegiatan jual beli seperti pemasaran, negosiasi hingga transaksi dilakukan secara online.

Tips Membuka Website Toko Online

Pembuatan online shop pun cukup mudah, dengan bermodal web atau blog, kita sudah bisa membuat online shop kita sendiri. Web atau blog menjadi sarana pemasaran digital, sehingga calon konsumen bisa melihat produk-produk yang kita jual untuk sampai ke proses transaksi jual beli. Oleh karena itu, web atau blog online shop merupakan senjata utama untuk meraup konsumen pada bisnis online.

Sebagai elemen paling penting dalam dunia bisnis online, web atau blog online shop kita harus dibuat sedemikian rupa supaya menarik perhatian konsumen. Sehingga, pengunjung web atau blog online shop bisa berubah menjadi pembeli produk yang kita jual.

Butuh perencanaan yang matang untuk membuat atau mendesain web online shop kita agar “eye catching” dan “user friendly”. Jangan asal membuat saja tanpa melakukan pemeliharaan atau pembaharuan. Karena web atau blog online shop kita adalah ujung tombak dalam meraih kesuksesan dalam dunia bisnis online.

Berikut ini beberapa tips sederhana untuk mengubah pengunjung web atau blog online shop kita menjadi konsumen yang membeli produk yang kita jual.

1. Desain Web atau Blog yang Menarik

waroengdigital

Desain dari web atau blog online shop kita haruslah dibuat sedemikian rupa sehingga pengunjung betah berlama-lama di online shop kita. Jangan hanya membuat web atau blog online shop yang isinya kebanyakan teks saja. Web online shop yang baik desainnya harus rapi serta perpaduan antara teks dan gambar harus seimbang. Kekuatan utama dari web online shop adalah tampilan yang segar dan “eye catching”. Jika belum bisa desain visual, kita bisa menggunakan jasa web developer yang akan membantu dalam membangun web online shop kita.

2. Deskripsi Produk yang Jelas

Deskripsi Produk yang Jelas

Seperti yang kita ketahui, online shop atau bisnis online memungkinkan penjual dan pembeli untuk tidak saling bertemu. Jadi, semua proses jual beli mulai dari pemilihan produk, negosiasi, hingga transaksi bisa dilakukan secara online. Calon pembeli tak harus bertemu penjual atau melihat dan menyentuh barang, oleh sebab itu deskripsi produk yang kita jual harus sangat jelas dan mudah dimengerti. Contohnya, kita berjualana produk smartphone, pada bagian deskripsi kita harus menjelaskan sepesifikasi smartphone yang kita jual secara lengkap pada web atau blog online shop kita. Hal ini bertujuan untuk memudahkan calon konsumen dalam memilih barang yang akan dibeli. Jika deskripsi produk dibuat asal-asalan atau seadanya, calon konsumen bisa saja malas berbelanja di online shop kita. Oleh karena itu, deskripsi produk yang jelas adalah salah satu poin penting untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli.

3. Foto Berkualitas Tinggi

Foto atau gambar dari produk yang dijual akan menjadi faktor lain yang mampu mengubah pengunjung online shop kita menjadi pembeli. Gunakanlah foto dengan kualitas HD (High Definition) agar produk terlihat jelas dan bagus. Jangan cuma mengambil foto dari satu angle saja, buatlah beberapa angle foto dari beberapa macam sudut. Hal ini adalah salah satu layanan customer service yang sangat penting. Usahakan untuk tidak mengambil foto dari web lain yang sudah ada.

4. Integrasi dengan Media Sosial

Integrasi dengan Media Sosial

Penggunaan media sosial sekarang ini sangat luar biasa. Bagi para pengguna internet, paling tidak mempunyai satu akun media sosial, entah itu Facebook, Twitter, Instagram atau yang lainnya. Integrasi antara online shop dengan media sosial bisa sangat membantu dalam mengubah pengunjung online shop kita menjadi konsumen. Promo gencar yang dilakukan lewat media sosial bisa menarik banyak orang untuk mengunjungi online shop kita. Oleh karena itu, pastikan online shop atau brand produk kita mempunyai akun media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Hal ini menjadi salah satu nilai plus untuk mendongkrak penjualan produk yang kita jual lewat online shop.

Demikian tadi beberapa tips sederhana dalam mengubah pengunjung online shop kita menjadi konsumen atau pembeli. Dengan perencanaan yang matang, online shop bisa menjadi sumber pendapatan utama kita. Sudah banyak orang yang telah membuktikan betapa potensialnya online shop ini. Oleh karena itu, bisnis online dengan membuat online shop bisa menjadi pilihan kita untuk mendapatkan uang.

TIDAK ADA KOMENTAR