Tips Membuka Website Toko Online

Tips Membuka Website Toko Online

17
0
BERBAGI
Tips Membuka Website Toko Online

Taukah kamu bahwa lebih dari 74 Juta orang indonesia kini online, dan hal ini bisa menjadi pangsa penjualan untuk memulai bisnis toko online kamu.

Membuka toko online untuk bisnis kamu merupakan pilihan yang tepat, di era digital ini semuanya serba online, dari menjual barang, menawarkan jasa, membaca artikel semuanya serba online. Jadi ini merupakan saat yang tepat untuk bisnis kamu Go Online.

Terdapat point-point yang harus dimulai untuk membuka toko online, seperti menentukan nama domain untuk situs toko online kamu, strategi marketing, membangun sistem dan langkah-langkah lainnya yang membuat bisnis kamu menjadi online. Berikut adalah Tips Membuka Website Toko Online.

1. Tentukan Nama Bisnis Toko Online

Hal pertama yang kamu butuhkan dalam memulai sebuah toko online adalah menentukan nama bisnis toko online. Hal ini sangat penting agar toko online kamu bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Setelah itu lanjutkan dengan mendaftar sebuah web hosting paket e-commerce, lalu menggabungkan fitur yang kamu perlu untuk mengoperasikan bisnis online, seperti kemampuan untuk menyediakan keamanan transaksi, fungsi keranjang belanja, pengiriman barang lokal dan lain-lain yang dibutuhkan.

Pikirkan Nama Domain yang Menarik

Pemilihan nama domain tidak boleh sembarangan, karena nama domain itu penting dan ini yang membuat  pengunjung kita balik lagi ke situs website kita, jika nama domainnya adalah jqkxits.com itu ga akan mungkin diingat oleh pengunjung kita. Berbeda dengan nama seperti kaskus, facebook, tiket, berniaga dan www.agenwebsite.com. pastinya akan mudah diingat dan ada kemungkinan pengunjung kembali lagi ke website kita.

Lupakan keyword on domain, domain yang terbaik adalah domain yang pendek, mudah diingat dan mengandung petunjuk atas website kamu. Kalaupun KOD tidak apa-apa, asalkan pendek dan mudah diingat.

Treademark brands juga harus dihindari, seperti daftarhargahandponesamsunggalaxy atau jualsepatunikeoriginal karena cuman buang-buang waktu dan uang saja, kenapa? Jika dituntut oleh si pemilik brand bagaimana? lalu saat toko online sudah berjalan, memangnya kita hanya mau jualan tentang samsung atau nike saja? Tentunya tidak, pastinya akan ada perubahan dan kita bisa menjual produk yang lebih luas

2. Tentukan Metode Pembayaran

Method Shipping

Untuk metode pembayaran yang efesien, pastikan toko online kamu mampu menerima tiga jenis metode pembayaran, yaitu bank lokal, kartu kredit, Paypal serta metode pembayaran lainnya. Untuk penggunaan bank lokal disarankan memiliki 2 atau 3 jenis bank, pada umumnya adalah bank BCA, Mandiri dan BNI.

Jika kamu menerima pembayaran lewat kartu kredit, pastikan website toko online kamu terjamin keamanannya dan gunakan https, Pembeli akan merasa lebih aman dan nyaman.

3. Bagikan Website Kamu ke Seluruh Penjuru Dunia

Siapkan strategi marketing untuk pemasaran toko online kamu, saat website toko online sudah launching kamu dapat menjalankan strategi tersebut, seperti strategi iklan gratis atau yang berbayar. Pengunjung yang berlimpah akan sia-sia jika tidak bisa mengkonversi nya menjadi uang. Teknik pemasaran, branding, social media wajib dipahami agar kita memuluskan jalan kita mengkonversi seluruh kerja keras kita.

strategi marketing

Setelah itu kamu bisa mengoptimalkannya setelah meninjau produk apa yang paling dicari pembeli, kata kunci yang masuk ke situs kamu atau bahkan sifat pelanggan kamu (Demographic dan Psychographic).

Contoh kasus jika kamu menjual produk kecantikan, maka audience kamu adalah wanita yang berumur 18 – 24 tahun dan 25 – 34 tahun, bekerja, memiliki pendidikan yang baik, dan memiliki penghasilan. Pemahaman atas demografis dan psikografis akan sangat memudahkan kita untuk menargetkan penjualan.

Gunakan tracking pencarian seperti Google Analytics.

4. Launchingkan Website Toko Online Kamu

Setelah selesai membuat website toko online kamu bisa langsung launchingkan toko online kamu, memberitahukannya ke teman atau saudara tentang bisnis kamu

Baca juga: 4 Strategi Launching Toko Online.

Perhatikan apa yang bekerja dan apa yang tidak bekerja di toko online kamu. Dengan menganalisinnya kamu akan tahu cara untuk membuat sistem toko online yang baik.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar ingin membuka toko online, beritahu saya lewat komentar di bawah.

BERBAGI
Artikel berikutnya4 Strategi Launching Toko Online Anda
Jika ada pertanyaan silahkan email ke rayhan@agenwebsite.com beserta jawabannya

TIDAK ADA KOMENTAR