Step 10 – Finishing Toko Online

Step 10 – Finishing Toko Online

99
0
BERBAGI

Tahap terakhir dari proses pembuatan toko online adalah Finishing. Setelah sebelumnya kita belajar membuat toko online dari mulai mempersiapkan hosting dan domain, cara menginstal wordpress dan woocommerce, hingga tata cara pengelolaannya.

Baca kembali bila kamu belum mengerti tahap, atau melewati langkah tersebut.

  1. Mempersiapkan Domain dan Hosting

  2. Menginstall WordPress di Hosting

  3. Login ke Dashboard WordPress

  4. Install & Konfigurasi Tema Toko Online

  5. Konfigurasi Plugin WooCommerce – Excelling eCommerce

  6. Install & Konfigurasi Plugin WooCommerce JNE Shipping

  7. Posting Produk Toko Online

  8. Membuat Halaman Toko Online

  9. Mengelola Menu Toko Online

Membangun toko online sendiri tidaklah sulit. Bagaimana cara menciptakan toko online professional sendiri adalah suatu tantangan bagi kita agar bisa berwirausaha online.

Pada dasarnya tahap yang paling sulit dari mengelola toko online bukanlah pada saat pembuatan awalnya, akan tetapi pada proses bagaimana toko online tersebut dapat terus berjalan dan sukses secara berkelanjutan.

Proses finishing adalah proses untuk merapihkan beberapa bagian website, menambah dan mengatur tata letak desain sehingga bisa indah dipandang mata. Selesai tahap ini maka toko online kamu sudah harus bisa digunakan untuk berjualan. Lalu apa sajakah tahap-tahap finishing yang bisa kita lakukan di website agar toko online kita bisa terlihat lebih professional?

Merapihkan Halaman Toko Online

Pada bagian sebelumnya kamu telah belajar bagaimana cara membuat halaman toko online. Selanjutnya setelah kamu tau cara untuk membuat halaman adalah melengkapinya. Apasajakah halaman-halaman yang biasa terdapat di toko online?

  1. Homepage: Adalah halaman awal di sebuah toko online. Halaman ini adalah halaman yang paling kita andalkan dan dapat juga menjadi ciri khas dari suatu website. Konten dari halaman home bersifat lengkap. Biasanya pada toko online tertentu juga menampilkan produknya di homepage, produk yang ditampilkan adalah produk-produk unggulan atau best seller, produk yang banyak dilihat, dan produk-produk terbaik berdasarkan kategori yang tersedia.
  2. Product Page: Adalah halaman yang dibuat khusus untuk menampilkan produk-produk yang kita jual. Dengan halaman ini, pelanggan pun bisa langsung berbelanja. Biasanya halaman produk memiliki layout dengan 1 sidebar yang berfungsi menampilkan kategori produk, sebagai navigasi untuk pelanggan agar mereka dapat dengan mudah menemukan produk yang di inginkan.
  3. About Page: Halaman ini berfungsi untuk menampilkan profil toko online kamu. Tujuannya untuk meningkatkan “Trust” kepada calon pelanggan agar mereka bisa berbelanja dengan nyaman tanpa takut ada penipuan. Kamu bisa menjelaskan informasi tentang toko online di halaman about us, serta alamat dan track record kamu selama berjualan di toko online.
  4. Testimonial Page: Halaman testimonial juga berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap suatu produk yang kita jual di toko online. Seiring dengan menaiknya kepercayaan pelanggan terhadap suatu produk maka mereka juga akan mempercayai toko online kita, serta bisa menimbulkan rasa ingin merekomendasikan toko kita cougarsdatingwebsite.com kepada orang lain yang ia kenal.
  5. Halaman Konfirmasi Pembayaran: Halaman konfirmasi pembayaran berfungsi sebagai media informasi ketika terjadi penjualan.
  6. Contact Page: Halaman kontak adalah salah satu halaman yang wajib digunakan untuk toko online. Apabila pelanggan memiliki kesulitan berbelanja, maka mereka dapat langsung menghubungi kamu melalui halaman kontak yang tersedia.

Menambah Jumlah Produk

Sebelumnya kamu telah mengetahui cara memposting produk di WooCommerce. Selanjutnya adalah menambah produk-produk toko online kamu. Mulailah rutin untuk menambah produk-produk baru agar pelanggan tidak merasa bosan untuk berkunjung ke toko online kamu. Semakin banyak produk maka semakin banyak variasi yang bisa dipilih oleh pelanggan, serta juga akan semakin meningkatkan peluang produk terjual.

Menambah Jumlah Produk

Setelah produk-produk kamu di input, jangan lupa juga untuk mengupdate rutin stok produk kamu. Jangan sampai pelanggan memesan produk yang stoknya habis, karena hal ini juga bisa menimbulkan kekecewaan pelanggan.

Mengelola Kategori Produk

Tahap berikutnya adalah menyesuaikan kategori produk. Dalam sebuah toko online yang memiliki banyak produk hal ini sangat penting dan diperlukan. Membuat produk menjadi beberapa kategori akan memudahkan pelanggan untuk mencari produk yang ia inginkan. Lalu bagaimanakah caranya mengelola produk di WooCommerce? Pertama kamu harus menuju ke halaman Produk lalu pilih Submenu Kategori (Products – Categories)

Mengelola Kategori Produk

Tambahkan kategori-kategori produk yang kamu jual di Toko online. Caranya juga sangat mudah, hanya tinggal menginput nama, slug, dan deskripsi untuk kategori produknya saja. Untuk deskripsi bersifat tambahan, artinya boleh ditambahkan atau tidak di isi juga boleh.

Produk Kategori

Apabila kamu sudah menentukan kategori produk maka kamu tinggal checklist saja pada saat kamu memposting sebuah produk. Baca juga cara untuk memposting produk toko online WooCommerce.

Mengatur Widget Toko Online

Widget pada setiap toko online berbeda-beda, tergantung pada desain dari toko online tersebut. Kamu bisa mengatur sidebar (samping kanan/kiri), header (atas) ataupun bagian footer (bawah) dari toko online dalam pengaturan Widget di WordPress. Biasanya widget untuk toko online adalah Widget Kategori Produk, Widget kotak pencarian produk dan lain-lain. Lalu bagaimanakah penempatan widget untuk sebuah toko online? Di menu widget sudah tersedia pilihan widget yang bisa kamu pasang. Tinggal drag and drop saja untuk mengaktifkan widget tersebut.

Tampilan menu pengaturan Widget di WordPress
Tampilan menu pengaturan Widget di WordPress

Yang utama dari widget adalah sidebar dan footer, yaitu bagian samping dan bawah pada website. Pada umumnya penempatan widget di toko online menjadi sebuah bagian yang penting dan berfungsi sebagai fitur untuk mempermudah pelanggan. Contohnya saja widget kategori produk yang berfungsi sebagai navigasi untuk pelanggan, widget pencarian produk untuk membantu pelanggan menemukan produk yang mereka cari secara cepat, ataupun widget keranjang belanja (cart) yang berfungsi sebagai informasi produk pembelian yang dilakukan oleh pelanggan.

Mengatur Sidebar Toko Online

Mengatur Sidebar Toko Online
Mengatur Sidebar Toko Online

Pertama kita akan mengatur sidebar di toko online. Biasanya di toko online meletakan kotak pencarian produk, dan widget kategori produk pada sidebarnya. Kamu juga bisa menambahkan alamat atau informasi kontak toko online kamu dibagian sidebar atau bagian samping website, tujuannya adalah untuk mempermudah pelanggan menghubungi kamu apabila mereka mengalami kendala atau ada hal yang ingin ditanyakan ketika akan melakukan pembelian di toko online.

Mengatur Footer Toko Online

Sama halnya dengan sidebar, footer juga berfungsi sebagai informasi tambahan disebuah toko online. Kamu bisa meletakan widget informasi pribadi seperti pada halaman about us secara singkat. Tujuannya adalah sebagai informasi singkat tentang toko online kamu. Hal ini mungkin tidak berpengaruh begitu besar, namun toko online kamu akan terlihat lebih professional dan elegan.

Mengatur Footer Toko Online
Tampilan Footer dari AgenWebsite.com

Pada bagian footer juga bisa disediakan informasi kontak atau nomor yang dapat dihubungi pelanggan kamu.

Beberapa toko online juga meletakan form yang biasa terdapat pada contact us untuk mempermudah pelanggan agar bisa langsung menghubungi kamu apabila terdapat masalah.

Begitulah tahap akhir dari 10 Step Tutorial Membuat Toko Online Sendiri menggunakan WordPress. Semoga dengan memahami 10 Step ini kamu bisa membuat toko online sendiri.

Ada kesulitan? Silahkan tanya pada kolom komentar dibawah.

TIDAK ADA KOMENTAR