Perencanaan untuk Membuat 10 Penjualan Pertama di Online Shop Anda

Perencanaan untuk Membuat 10 Penjualan Pertama di Online Shop Anda

534
0
BERBAGI

Bisnis melalui internet sangat menyenangkan dan juga menguntungkan, karena kita cukup menyediakan space atau hosting di salah satu provinsi yang berbayar maupun yang gratis. Berbisnis dunia maya atau internet ini tidak sulit seperti bayangan kebanyakan orang, Anda bisa bekerja sama dengan mereka yang mempunyai produk atau barang, kemudian Anda cukup menjualnya melalui website atau internet.

Salah satu bentuk dari bisnis di internet adalah online shop atau toko online. Secara sederhana, online shop adalah sebuah toko virtual yang digunakan untuk memasarkan produk atau usaha kita lewat internet. Banyak pebisnis dan wirausahawan yang memilih mendirikan online shop dibandingkan dengan membangun atau mendirikan toko di pasar dan pusat perbelanjaan.

Salah satu kelebihan dari online shop dibandingkan dengan toko konvensional adalah pembiayaan yang lebih murah. Dengan mendirikan online shop, kita tak perlu membangun toko atau menyewa toko sebagai tempat memasarkan produk-produk kita. Bermodalkan laptop dan koneksi internet, kita sudah bisa mulai membuat online kita sendiri.

Jika sudah membuat atau membangun online kita sendiri, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mulai berjualan. Gampang-gampang sulit untuk mulai menjual produk kita lewat online shop. Butuh perencanaan matang untuk menjual produk ketika baru membuka online shop kita. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjual 10 produk pertama Anda lewat online shop.

Berikut ini beberapa tips membuat 10 penjualan pertama, lewat online shop yang kita bangun.

1. Promosi Gencar

Hemat Biaya Promosi

Berbisnis di mana pun tentu diperlukan promosi. Untuk bisnis lewat internet, promosi bisa dilakukan dengan cukup mudah. Banyak media promosi yang bisa kita gunakan, dari yang berbayar ataupun yang gratis. Ada beberapa situs terkenal yang bisa kita gunakan untuk “numpang” promosi. Seperti GoogleAdwords, Overture, atau Miva. Media iklan tersebut bisa dibilang cukup efektif dalam mengenalkan produk kita kepada calon konsumen.

Selain itu, kita bisa memanfaatkan media internet lainnya untuk kegiatan promosi, seperti menggunakan media sosial. Penggunaan media sosial saat ini sudah hampir merata ke semua kalangan masyarakat. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan produk-produk kita. Buatlah akun Facebook, Twitter atau Instagram dari produk kita, dan mulailah berpromosi lewat beberapa media sosial tersebut. Pemasaran lewat media sosial memang sangat efektif. Bukan tidak mungkin 10 penjualan pertama kita dapat melalui promosi lewat media sosial.

2. Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar

Penentuan jenis pasar yang akan dibidik memang sangat penting dalam dunia bisnis. Segmentasi pasar akan menentukan baik atau tidaknya posisi produk kita di pasaran. Oleh karena itu penentuan segmen pasar sangatlah penting agar berhasil membuat 10 penjualan pertama kita lewat online shop. Misalnya, kita berjualan pakaian wanita, maka kita harus mempersempit pasar kita menjadi hanya para wanita saja agar lebih efektif dalam tujuan penjualan.

Segmentasi pasar juga berguna dalam hal mendata calon konsumen kita. Kita bisa menentukan siapa saja calon konsumen prospektif kita. Dengan begitu, kita bisa membuat target pasar yang lingkupnya semakin mengerucut. Jangan sampai salah menentukan target pasar, karena hal tersebut akan menjadi boomerang bagi kita sendiri.

3. Desain Online Shop

waroengdigital

Online Shop yang kita miliki bisa berbentuk website atau sekedar blog. Agar calon konsumen nyaman saat berkunjung ke online shop kita, maka buatlah desain tampilan dari online shop kita dengan baik. Tampilannya tak perlu ribet-ribet, minimal teks dan gambar tertata dengan rapi. Jangan buat online shop seperti halaman iklan atau baliho. Perencanaan tampilan desain online shop yang baik akan membuat pengunjung online kita akan merasa nyaman.

Kita bisa mendesain sendiri atau menggunakan jasa web designer yang akan siap membantu halaman online shop kita agar lebih cantik dan menarik. Jangan remehkan hal-hal kecil seperti warna atau menu sidebar, karena hal tersebut turut mempengaruhi kenyamanan. Jangan lupa sertakan widget search engine di halaman online shop kita untuk mempermudah calon konsumen dalam mencari produk yang diinginkannya. Desain tampilan web atau blog dari online shop kita turut mempengaruhi keberhasilan 10 penjualan pertama kita.

4. Menggunakan Google Analytics

Menggunakan Google Analytics

Google Analytics adalah sebuah program yang dikeluarkan oleh Google untuk membantu para pemilik website atau blogger dalam melihat perkembangan web atau blog miliknya. Untuk menggunakan program ini pun cukup mudah, kita tinggal mendaftarkan web atau blog online shop kita ke Google Analytics. Dengan memanfaatkan Google Analytics berbagai aktifitas web atau blog kita bisa dikontrol dengan mudah dan cepat. Bayangkan saja, dengan program ini kita dapat mengetahui asal pengunjung, mulai dari asal Negara, kota, koneksi internet yang digunakan, lama kunjungan, hingga browser yang digunakan. Cara ini bisa menjadi satu faktor untuk menyukseskan rencana 10 penjualan pertama kita.

5. Pekan Harga Promo

Promo diskon

Memberikan harga promo atau harga murah untuk para pelanggan sangat berguna untuk menarik calon konsumen. Promo ini bermanfaat ganda, bisa digunakan untuk mendapatkan 10 pembeli pertama kita sekaligus mengenalkan produk-produk yang kita jual ke pasaran. Pekan harga promo bisa kita lakukan dalam beberapa hari atau minggu. Dengan harga yang miring, calon konsumen akan tertarik untuk membeli produk kita.

Demikian tadi beberapa cara dan perencanaan yang bisa kita terapkan agar berhasil membuat 10 penjualan pertama, lewat online shop yang kita bangun. Jika 10 penjualan pertama sudah berhasil dilakukan maka kita tinggal menjaga kualitas produk dan layanan kita agar konsumen yang telah membeli produk kita kembali lagi membeli dan calon konsumen tertarik berbelanja di online shop kita.

TIDAK ADA KOMENTAR