Step 1 – Mempersiapkan Domain dan Hosting

Step 1 – Mempersiapkan Domain dan Hosting

93
0
BERBAGI

Hal pertama yang harus disiapkan untuk membuat toko online impian kamu sendiri yaitu pemilihan nama domain dan sebuah paket hosting. Sebaiknya sebelum memesan sebuah nama domain kamu merencanakanannya terlebih dahulu nama domainnya. Perlu kamu ketahui nama domain yang baik adalah yang mudah diingat, ketika orang mendengar langsung hafal (Baca juga Tips Membuka Website Toko Online). Lalu selanjutnya pada  hal teknis seperti “di mana kamu membeli domain dan hostingnya” “berapa harga domain dan hosting tersebut?” “Dengan metode apa saya membayar? Apakah menggunakan paypal atau bisa transfer?” Jika kamu bingung saya akan membahas nya pada artikel ini. Mari disimak.

Membeli Domain

Domain adalah alamat website toko online kamu. Misalnya www.example.com. Dalam pembelian domain kamu dapat memesan di jasa penyedia domain dalam jangka waktu tahunan. Sebenarnya kamu tidak membeli domain tersebut melainkan mensewa nya dan kamu harus memperpanjang sewa domain tersebut tiap tahunnya.

Untuk harga domain bervariasi tergantung dari penyedia layanan domain serta ekstensi domain yang dipilih. Contohnya untuk domain berekstensi .com yaitu $10, sedangkat domain berekstensi .net hanya $7. Untuk harga variasi lainnya biasanya dari harga promo atau kupon kode.

Kotak Pencarian domain Godaddy.com
Kotak Pencarian domain Godaddy.com

Metode pembayaran untuk pembelian domain di luar negeri seperti Godaddy.com kamu bisa menggunakan Kartu kredit VISA atau Mastercard, atau jika kamu memiliki Akun PayPal bisa digunakan untuk pembayaran domain. Untuk penyedia jasa domain lokal biasanya bisa menggunakan metode transfer antar bank.

Ekstensi Domain

Banyak ektensi untuk nama domain yang bisa kamu gunakan, seperti domain dengan akhiran .com / .net / .org dan lainnya. Ekstensi yang paling populer di Indonesia yaitu dengan akhiran .com.

Namun jika bisnis online kamu sudah legalitas kamu bisa menggunakan ekstensi .co.id dengan memberikan beberapa syarat saat melakukan registrasi domain. Akan sangat bagus jika domain kamu dengan akhiran co.id serta mengingkatkan trust bisnis kamu.

Pilihlah nama Domain yang tepat

Penentuan nama domain menjadi salah satu yang penting untuk keberlangsungan toko online kamu. Pilihlah nama domain yang tepat dan sesuai dengan brand dari toko online kamu. Jangan sampai salah menentukan nama domain, berikut beberapa hal yang saya sarankan untuk menentukan nama domain.

  1. Jangan memakai nama domain yang panjang.

Misalnya www.tokobajuonlinemurahmeriahbangetjakarta.com .  Menggunakan nama domain yang panjang mungkin akan lebih membuat persona pada toko online kamu. Namun hal ini sangat tidak direkomendasikan karena sangat menggangu dan menyulitkan pelanggan dalam mengingat nama toko online kamu.

  1. Buat nama yang mudah di ingat.

Pemilihan nama domain tidak boleh sembarangan, karena nama domain itu penting dan ini yang membuat pengunjung kita balik lagi ke situs website kita, jika nama domainnya adalah jqkxits.com itu ga akan mungkin diingat oleh pengunjung kita. Berbeda dengan nama seperti kaskus, facebook, tiket, berniaga dan www.agenwebsite.com. Pastinya akan mudah diingat dan ada kemungkinan pengunjung kembali lagi ke website kita.

Pilihlah nama yang mudah di ingat oleh pelanggan kamu. Agar mereka dapat dengan mudah berkunjung ke toko online kamu kembali.

  1. Jangan gunakan keywords berlebihan

Biasanya orang Indonesia yang belum paham akan hal ini lebih suka menggunakan keywords (kata kunci) untuk nama domain mereka. Meskipun hal ini tidak masalah,  Namun pada penggunaan yang berlebihan hal ini sepertinya kurang tepat karena sebaiknya lebih menggunakan branding.

Lupakan keyword on domain, domain yang terbaik adalah domain yang pendek, mudah diingat dan mengandung petunjuk atas website kamu. Kalaupun KOD tidak apa-apa, asalkan pendek dan mudah diingat.

  1. Hindari Treademark brands

Hal yang harus dihindari selajutnya yaitu Trademark brands seperti jualhandphonesamsungmurah atau jualsepatunikeoriginal karena cuman buang-buang waktu dan uang saja, kenapa? Jika dituntut oleh si pemilik brand bagaimana? lalu saat toko online sudah berjalan, memangnya kita hanya mau jualan tentang samsung atau nike saja? Tentunya tidak, pastinya akan ada perubahan dan kita bisa menjual produk yang lebih luas

  1. Buat Brand dengan Nama Domain

Branding branding dan branding, pemilihan nama domain juga termasuk branding, jika kamu mempunya merek sendiri nama tersebut bisa kamu gunakan untuk nama domain. Disarankan dalam memilih domain menggunakan 1 suku kata sehingga mudah di ingat oleh pelanggan kamu nanti. Seperti lazada, tiket, berniaga dan startup lainnya. Penggunaan branding pada domain sangat di rekomendasikan karena pelanggan akan lebih mudah mengingat brand kamu.

Memilih Sebuah Paket Hosting

Jika domain adalah alamat maka Hosting diibaratkan sebagai sebuah rumah untuk toko online, isi dari hosting adalah data-data dari toko online kamu dan semuanya disimpan di dalam hosting.  Dengan adanya hosting kamu dapat mengupload data file toko online seperti foto produk, logo, tulisan dan semacannya sehingga data tersebut dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia.

tampilan cpanel
Tampilan cPanel

Tips memilih hosting yang tepat

Penentuan hosting menjadi  suatu hal yang sangat penting dalam proses pembuatan toko online. Jika kamu keliru dalam memilih hosting yang tepat untuk toko online kamu maka akan berakibat buruk dikemudian hari seperti situs kamu susah diakses, ga mau kan ketika sudah banyak pelanggan tapi situs kamu ga bisa dibuka? Berikut tips memilih hosting yang tepat:

  1. Pilih yang sesuai dengan mu.

Tips yang pertama adalah pilih yang sesuai dengan toko online kamu. Terdapat 2 tipe hosting yaitu server USA (server luar negeri) dan server Indonesia.

Dalam penentuan server ini kamu  bisa memilih sesuai dengan target pasar.

Misalkan pelanggan kamu hanya di Indonesia, saya rekomendasikan untuk menggunakan server Indonesia serta jika pelanggan kamu lebih banyak di luar negeri maka di sarankan untuk menggunakan server USA karena juga akan mempengaruhi kecepatan akses website kamu.

  1. Pilih yang mudah digunakan.

Ada dua sistem interface hosting yaitu cPanel dan sPanel. Dari sisi penggunaan cPanel lebih mudah dikelola dibanding sPanel.

tampilan spanel
Tampilan sPanel
  1. Pilih yang direkomendasikan.

Dalam menentukan hosting ada beberapa kriteria yang dapat menjadi acuan untuk memilih penyedia layanan hosting yang rekomended. Apa sajakah kriterianya?

  • Akses Server Cepat
  • Server hosting selalu Uptime. Yang direkomendasikan sekitar 99% keatas.
  • Jarang mengalami gangguan.
  • Support cepat, tanggap menjawab pertanyaan kita.
  • Technical support ramah serta tanggap menangani masalah.
  • Banyak yang merekomendasikan kepada kamu.

Sudah punya domain dan hosting sekarang? Lanjut tahap 2.

TIDAK ADA KOMENTAR