Step 4 – Install & Konfigurasi Tema Toko Online

Step 4 – Install & Konfigurasi Tema Toko Online

378
0
BERBAGI

Pada tahap ini kamu akan belajar bagaimana cara membuat desain website sendiri. Tahap sebelumnya kita telah belajar untuk login ke wordpress yang sudah kamu install.

Menentukan Tema Toko Online

Sebelum kita belajar cara untuk menginstall tema di wordpress. Kita harus menentukan tema yang ingin digunakan nanti. Ada banyak pilihan untuk tema Toko Online WooCommerce dan pilihan desainnya pun sangat menarik. Untuk proses belajar kali ini, kita akan menggunakan tema gratis dari WooThemes yaitu Storefront, yang bisa kamu download disini.

Langkah untuk Install Tema Toko Online.

Ketika kamu sudah login di dasbor wordpress. Kamu dapat memilih menu Appearance – Theme seperti pada gambar dibawah ini.

Cara menuju ke konfigurasi tema wordpress
Cara menuju ke konfigurasi tema wordpress

Biasanya secara default kamu sudah memiliki 3 tema bawaan wordpress, yaitu Twenty Fifteen, Twenty Fourteen, danTwenty Thirteen. Namun kali ini kita akan menggunakan tema Storefront yang sudah kamu download tadi. Selanjutnya cara untuk menginstall tema storefront yang pertama adalah klik Add New

tambah theme baru wordpress
Tambah Tema baru dengan klik Add New

Setelah kamu klik Add New, maka kamu akan terarahkan ke halaman untuk memilih tema.

Metode Install Tema di WordPress

Disini terdapat beberapa pilihan tema yang tersedia dan dapat di install langsung di website kamu.

Cara Upload

Untuk mengupload tema wordpress kita bisa menggunakan fitur upload. Silahkan klik Upload Theme untuk mengupload tema kita.

upload tema di wordpress
Upload tema di wordpress

Install Langsung

Cara yang lebih mudah dibanding mengupload tema adalah langsung menginstall tema di wordpress. Untuk tema storefront ini juga tersedia dan dapat di install langsung tanpa harus mendownloadnya.

Instal Storefront langsung di wordpress
Install Storefront langsung di wordpress

Yang harus kamu lakukan adalah gunakan fitur search untuk mencari “Storefront” lalu klik button Install. Dan tema storefront telah terinstall secara otomatis di website kamu.

installing tema di wordpress
Aktifasi tema storefront

Setelah berhasil di install, maka tema perlu diaktifasi agar bisa kita gunakan. Klik tombol Activate untuk mengaktifkan tema Storefront yang telah kita install tadi.

Konfigurasi Tema Storefront

Hal inilah yang paling seru dalam proses pembuatan toko online sendiri. Yaitu mengkonfigurasi tema website sesuai dengan keinginan kita. Pada tahap desain kali ini, saya akan mengajarkannya dengan cara yang mudah.

Setelah kita berhasil aktifasi tema, maka akan muncul gambar seperti yang diatas. Untuk mengkonfigurasi tema Storefront ini cukup mudah, silahkan kamu mengklik tombol Get started with Storefront.

Welcome page tema storefront
Welcome page tema storefront

Kamu akan terarahkan ke Welcome page (halaman selamat datang) dari storefront. Disini terdapat 3 tab yaitu Getting Started, Enhance Storefront dan Storefront Child Themes.

Pertama kita akan menuju ke Tab Getting Started. Pada tab ini kita harus menginstall plugin wajib untuk toko online kita nanti seperti, WooCommerce, Homepage Control dan Jetpack.

Tampilan tab Getting Started theme wordpress
Tampilan tab Getting Started

Untuk menginstall ketiga Plugin tersebut silahkan klik button Install yang berwarna biru pada masing-masing plugin. Dan lakukan langkah aktifasi untuk mengaktifkan plugin tersebut. Dan untuk kembali ke welcome page dari Storefront kita dapat menuju ke menu Appearance – Storefront.

Cara menuju ke halaman storefront
Cara menuju ke halaman storefront

Setelah kamu menginstall semua plugin utama tadi. Maka kamu bisa menginstall plugin lainnya pada tab Enhance Storefront untuk menambah fitur dari toko online kamu dengan cara yang sama.

Konfigurasi Halaman Home Storefront

Sangat mudah untuk mengkonfigurasi tema storefront kali ini. Untuk membuat halaman home pada tema storefront, langkah yang harus kita lakukan adalah membuat halaman Home di menu Pages – Add New.

Cara membuat halaman di WordPress
Cara membuat halaman di WordPress

Lalu 3 Langkah untuk membuat halaman home di storefront adalah dengan membuat title halaman “Home”, lalu merubah Template menjadi “Homepage” dan mengklik tombol “Publish”. Sampai tahap ini kita telah berhasil membuat homepage untuk toko online.

Cara membuat homepage Storefront
Cara membuat homepage Storefront

Konfigurasi Homepage Storefront

Langkah terakhir adalah mengkonfigurasi homepage yang telah kita buat tadi. Untuk mengkonfigurasinya, silahkan menuju ke Appearance – Customize.

Konfigurasi Homepage Storefront
Konfigurasi Homepage Storefront

Pada halaman Customize ini, kita dapat mengatur tampilan home dari tema storefront. Untuk mengkonfigurasi tampilan home yang kita buat tadi ke website, silahkan pilih menu Static Front Page dan pilih A static page pada Frontpage display lalu pilih Home.

Kostumisasi homepage storefront
Kostumisasi homepage storefront

Hasil dari tampilannya dapat langsung kita lihat di preview sebelah kanan dari menu. Sampai tahap ini kita sudah berhasil dan mengkonfigurasi tema toko online. Langkah selanjutnya kita bisa menginstall plugin untuk toko online dan mengkonfigurasi WooCommerce sampai akhirnya kita bisa mengelola produk di toko online.

Pada step ini, kamu bisa berkreasi sesuka hati sesuai dengan layout yang ada dari tema tersebut. Terserah nanti kalau kamu mau pakai tema apa, tapi perlu kamu ketahui beberapa tema memiliki layout berbeda, namun untuk konfigurasinya cukup melalui menu Appearance – Customize atau Appearance – Theme Options.

Sudah membuat layout homepage dari toko online kamu? Ga perlu terlalu lama karena produknya juga belum di upload kan. Lanjut ke step selanjutnya yuk!

TIDAK ADA KOMENTAR