BERBAGI
4 Strategi Kunci untuk Meluncurkan Toko Online Anda

Setelah kamu membuat keputusan untuk membuka bisnis toko online sendiri, kamu harus memutuskan kapan toko online tersebut akan diluncurkan, proses launching tersebut memang membingungkan buat kamu yang baru bergelut di bisnis online. “apakah sistem yang saya buat sudah bagus atau belum?‘, “kalau tidak ada pembeli gimana ya?” dan berbagai macam hal yang ada dipikiran kamu.

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan bukan untuk dipikirkan, Yup you’re right, namun kamu sebaiknya memikiran strategi dasarnya dahulu baru dipraktikan. Berikut 4 Strategi Launching Toko Online Anda.

1. Gunakan Shopping Cart

shopping cart

Jika kamu menggukan shopping cart yang rumit maka hanya akan membuang waktu saja, semakin sedikit waktu untuk fokus dengan hal yang penting .

Gunakan Shopping Cart pada toko online kamu, WordPress WooCommerce merupakan pilihan yang tepat karena mudah digunakan. Pada WooCommerce terdapat banyak fitur, salah satunya yaitu memungkinkan mengintregasikan pembayaran dan rincian teknis. Kamu juga bisa menggunakan plugin lainnya untuk mengoptimalkan toko online kamu, seperti plugin untuk pengiriman barang lokal, notifikasi stok produk, mailing list dan plugin lainnya yang membantu toko online.

2. Jalankan Toko Online

Jika kamu baru bergelut dibidang bisnis online, mungkin saja kamu tidak tahu siapa pelanggan kamu, apa yang mereka butuhkan dan hal lain semacamnya. Maka dari itu segera jalankan toko online kamu, sehingga kamu bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli untuk belajar lebih banyak tentang mereka.

Setelah kamu berinteraksi dengan berbagai macam tipe customer, maka kamu dapat mengoptimalkan toko online kamu berdasarkan pengetahuan dan pengalaman tersebut.

Tidak banyak waktu kamu terbuang jika menjalankan toko online dengan cepat. Semakin cepat launching toko online kamu maka semakin cepat kamu dapat memberitahu teman atau saudara tentang bisnis kamu.

3. Bangun Sistem yang Terbaik

4 Strategi Launching Toko Online Anda

Ketika pertama kalinya memulai bisnis online, sangat disarankan kamu ikut serta di dalamnya dan jika memungkinkan lakukan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain. Jika kamu tidak mengerti bagaimana dasar bisnis online kamu bekerja, maka kamu tidak akan dapat pengetahuan dalam membangun sistem, kamu tidak mengerti cara menerima orderan, mempacking barang, hitung ongkos kirim dan hal teknis lainnya, Do it yourself.

Melakukannya sendiri juga membuat kamu dapat memprioritaskan apa yang penting untuk didahulukan dan apa yang bisa ditunggu atau dikerjakan berikutnya. Maksudnya seperti jika kamu membutuhkan artikel pada toko online, kamu dapat menganalisanya apakah hal itu 1) benar-benar diperlukan, 2) investasi yang menguntungkan, atau 3) hal yang sia-sia atau tidak diperlukan.

Saya sendiri saat meluncurkan Agen Website belajar dari pengalaman. Di masa lalu saya melakukannya berasama tim saya. Dari membangun situs, menentukan sistem yang baik, mengalanisa problem dan mencari solusi, investasi untuk pengembangan dan sebagainya. Dan kinipun saya masih terlibat di dalamnya, jika sistem sudah yang terbaik maka memungkinkan untuk melatih seseorang untuk melanjutkan bisnis saya.

4. Iklankan Toko Online Kamu

Kebanyakan orang meremehkan untuk mengiklankan produk mereka, padahal pemasaran dibutuhkan untuk membangun brand kamu dan memperluas target pemasaran. Selain itu kamu juga akan mendapatkan lebih banyak pembeli dari biasanya.

Saya akan berbagi sedikit tips memprioritaskan waktu yang terbaik:

> Bulan 1: Peluncuran toko online
> Bulan 2: Mengoptimalkan website toko online
> Bulan 3 – 6: Iklankan toko online

Iklan Gratis

Kamu bisa mengiklankan bisnis kamu secara gratis, dengan mensharingnya di sosial media, forum atau chat ke teman-teman kamu. Strategi jangka panjangnya yaitu dengan membuat artikel pada website toko online atau membuat blog yang relevan dengan bisnis kamu dan memasang banner yang mengarah ke bisnis kamu. Dan masih banyak berbagai macam metode lainnya.

Iklan Berbayar

Banyak orang yang berpikir dua kali membayar untuk mengiklankan bisnis nya, padahal iklan berbayar merupakan metode yang efektif untuk mendapatkan calon pelanggan potensial. Jika kamu ingin membrandingkan bisnis kamu, maka bisa menggunakan Facebook Ads dan Google Ads Display dan fokus ke penayangan. Jika ingin penjualan Google Search Network merupakan pilihan yang tepat. Keuntungan iklan berbayar lainnya kamu dapat menargetkannya.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar memulai bisnis online, beritahu saya lewat komentar di bawah.

TIDAK ADA KOMENTAR